Blognyakita GadoGado

Blognya Kita Gado-Gado S'gala Info...

Nov 4, 2019

SOAL DAN JAWABAN UTS SISTEM PAKAR

SOAL
  1. Jelaskan pengertian dari sistem pakar? 
  2. Sebutkan Tujuan dari Sistem Pakar?
  3. Sebutkan Kegunaan dari lingkungan pengembangan?
  4. Salah satu komponen-komponen dalam struktur sistem pakar adalah User Interface, Jelaskan komponen tersebut?
  5. Sebutkan ciri-ciri dari sistem pakar?
  6. Sebutkan 5 keuntungan dari sistem pakar?
  7. Jelaskan yang dimaksud dengan Workplace/Blackboard? 
  8. Sebutkan kelemahan dari sistem pakar?
  9. Sebutkan modul penyusun sistem pakar menurut staugaard (1987)? 
  10. Berdasarkan dari strukturnya apa perbedaan dari Human Expert dan Expert System?

Jawaban

  1. Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli, dan sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli
  2. Sistem pakar (expert system) sendiri merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasihat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan dan sebagainya.
  3. Lingkungan pengembangan digunakan sebagai pembangun sistem pakar baik dari segi pembangunan komponen maupun basis pengetahuan.
  4. (User Interface) : Antarmuka merupakan mekanisme yang digunakan oleh pengguna dan sistem pakar untuk berkomunikasi. Antarmuka menerima informasi dari pemakai dan mengubahnya ke dalam bentuk yang dapat diterima oleh sistem. Selain itu antarmuka menerima dari sistem dan menyajikannya ke dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemakai.
  5. 1. Memiliki informasi yang handal. 2. Mudah dimodifikasi. 3. Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer. 4. Memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.
  6. a. Bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis. b. Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar. c. Meningkatkan output dan produktivitas. d. Meningkatkan kualitas. e. Mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar (terutama yang termasuk keahlian langka).
  7. Workplace/Blackboard : Workplace merupakan area dari sekumpulan memori kerja (working memory), digunakan untuk merekam kejadian yang sedang berlangsung termasuk keputusan sementara.
  8. 1. Sulit dikembangkan. Hal ini tentu saja erat kaitannya dengan ketersediaan pakar di bidangnya. 2. Sistem Pakar tidak 100% bernilai benar. 3. Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal.
  9. 1. Modul Penerimaan Pengetahuan (Knowledge Acquisition Mode) Sistem berada pada modul ini, pada saat ia menerima pengetahuan dari pakar. Proses mengumpulkan pengetahuan-pengetahuan yang akan digunakan untuk pengembangan sistem, dilakukan dengan bantuan knowledge engineer. Peran knowledge engineer adalah sebagai penghubung antara suatu sistem pakar dengan pakarnya. 2. Modul Konsultasi (Consultation Mode)
    Pada saat sistem berada pada posisi memberikan jawaban atas permasalahan yang diajukan oleh user, sistem pakar berada dalam modul konsultasi. Pada modul ini, user berinteraksi dengan sistem dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh sistem. 3. Modul Penjelasan (Explanation Mode) Modul ini menjelaskan proses pengambilan keputusan oleh system (bagaimana suatu keputusan dapat diperoleh). 
  10. Dari segi strukturnya antara Human Expert dan Expert Sistem sama-sama memiliki kedudukan yang sejajar, namun human expert lebih kepada skill dari individu tersebut, sedangkan expert sistem merupakan bagaimana sistem tersebut berjalan secara otomatis dari skill individu yang membuatnya.

No comments:

Post a Comment

Berkomentar Lah dengan baik....

Popular

Comments