Blognyakita GadoGado

Blognya Kita Gado-Gado S'gala Info...

Nov 2, 2019

Penyakit Flutd Pada Kucing Tidak Akan Sembuh

Flutd Kucing Tidak Akan Sembuh


Sebelum Masuk ke intinya, saya akan menjelaskan dulu Apa itu penyakit flutd pada kucing.
Penyakit saluran kencing bagian bawah pada kucing Bahasa Inggrisnya feline lower urinary tract disease, sering disingkat FLUTD) adalah gangguan saluran kemih yang sering terjadi pada kucing, terutama kucing jantan. Penyakit ini dulu disebut sindrom urologik kucing (feline urologic syndrome, disingkat FUS). Masalah kesehatan ini mengganggu kandung kemih dan uretra kucing. Gangguan pada uretra disebabkan oleh struktur uretra kucing jantan yang berbentuk seperti tabung memiliki bagian yang menyempit sehingga sering menimbulkan penyumbatan urin dari kandung kemih ke luar tubuh.

Jadi intinya penyakit flutd penyakit gak bisa kencing pada kucing, sering terjadi pada kucing jantan tp kmngkinan betina juga bisa kena, tp yg lebih beresiko itu kucing jantan. Faktor-Faktor yang ngebuat kucing ini terkena flutd banyak diantaranya yang banyak sering terjadi:
  1. Faktor Birahi ini sering sering banget terjadi, pada saatnya kucing birahi tetapi tidak ada lawan jenisnya, atau sedang birahi tapi terlambat dikasih jodoh, apalagi kucing persia yang sering dikurung dirumah, waktu saatnya birahi ngeooong ngeoong tpi siempunya ga cepet2 di jodohin, naah loo..
  2. Karena Makanan yang tidak cocok. ada kucing yang tidak cocok makanan tapi sikucing masih nafsu makannya, ketauan nya kalo sudah terkena flutd.
  3. Kurang Minum/air minum yang tidak bersih. Kucing seringkali minum sembarang tempat yang ada airnya, ketika kucing haus di mana aja ketemu air pasti diminum, hewan kan cuma ada akal tapi ga ada pikirian kalo itu air kotor, apalagi kucing ku persia kalo pintu wc kebuka naah di minum tuh air wc.. padahal udah dikasih air bersih segede baskom, kalo tempatnya kecil kucingku ga mau minum (Ngaleeeem^^)
    Persian cat CutePenyakit Flutd Pada Kucing Tidak Akan Sembuh
    Persian Cat Cute
Nah itulah faktor diantaranya, terus kenapa saya bilang penyakit flutd pada kucing gak bisa sembuh??
ini sesuai pengalaman saya aja, khususnya pada kucing saya yang kena flutd saat itu, dan kucing saya belum di steril.kucing ku udah parah hampir 4hari ga bisa kencing, dan kencing nya itu udah berdarah, (o iaa cuma ngasih tau, tanda-tanda kucing ga bisa kencing: kencing nya itu sedikit-sedikit, sering banyak jongkok, kencingnya berdarah, nafsu makan berkurang dan kucing bisa cepet mati kalo udh kena penyakit ini) karena saya belum tau dan belum berpengalaman jadi selama 4hari itu saya cuma bisa diem, karena pada saat perutnya saya pegang udah benjol gede akhirnya saya bawa kedokter, dan dikateter Biaya yang kena 700reeebu.... (lebih baik mencegah ya daripada mengobati).

Saya kira setelah dibawa kedokter udah sembuh dan gak kena lagi, eeh ternyata kumat lagi ga mungkin kan harus saya bawa kedokter lagi, harus dibius lagi kasian kucingku.. Akhirnya aku pake obat alternatif: PENGOBATAN ALTERNATIF
  1. kumis kucing : daun kumis kucing direbus sisain 1 gelas..diminum ke kucing pake pipet ya.. tpi ga sekaligus..
  2. nanas muda : kalo bisa paling muda dan dari pohonnya.. airnya diperas setengah gelas minumin kekucing, di sepetin..
  3. Pake obat apotik Batugin Elixir, itu saya kasih 5ml per 8 jam sekali. tapi kapasitan dikurngin ya.. misal pertama 5ml, saat kedua 4ml..kalo udah sembuh ga usah diminumin lagi.
Persian Cat Cute
Persian cat

kucing harus banyak minum, kalo kucing nya gak mau minum harus dipaksa minum/disepetin pake suntikan yang ga ada jarumnya itu.
jadi kucingku sekarang harus dipantau terus apalagi masuk masa birahi dia pasti ga bisa kencing. harus selalu siap obat. 

No comments:

Post a Comment

Berkomentar Lah dengan baik....

Popular

Comments